KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELAS 5-6 DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2,%20Juni.254Kata Kunci:
Kebiasaan Sarapan, Konsentrasi Belajar, Anak sekolah dasarAbstrak
Pendahuluan kebiasaan tidak sarapan pada anak–anak akan menyebabkan badan menjadi lemas, mengantuk, sulit menerima pelajaran, sulit berkonsentrasiturunnya gairah belajar dan kemampuan merespon. Tujuan penelitian untuk Menganalisis hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar anak kelas 5–6 di SDNCandi Mulyo Jombang. Metode penelitian ini menggunakan analitik cross sectional, penelitian ini dilakukan di SDN SDN Candi Mulyo Jombang, populasinya yaitu semua anak kelas 5-6 SDN Candi Mulyo Jombang sejumlah 50 anak, sampel pada penelitian ini 44 responden dengan menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yaitu kuesioner dan dianalisis menggunakan korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 44 responden sebagian besar yaitu 24 responden (54,5%) memiliki kebiasaan sarapan yang negatif. Sedangkan konsentrasi belajar bahwa dari 44 responden hampir setengah responden mempunyai konsentrasi sangat kurang yaitu 16 orang (36,4%). Tabulasi silang menunjukkan hampir setengahnya yaitu 12 responden (27,3%) memiliki kebiasaan sarapan yang negatif dan konsentrasi sangat kurang. Kesimpulan ada hubungan kebiasaan sarapan terhadap konsentrasi belajar anak di SDN Candi Mulyo Kabupaten Jombang.
Unduhan
Referensi
Agus, Riyanto. 2011. Buku Ajar Metodologi Penelitian. EGC : Jakarta
Alimul. 2009. Metode Penelitian dan Keperawatan & Tehnik Analisa Data. Salemba Medika : Jakarta.
Azwar, S., 2011. Sikap dan Perilaku. Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. 2nded. Pustaka Pelajar, Yogyakarta 3-22.
Elizabeth J. Corwin. 2003. Buku Saku Patofisiologi. EGC : Jakarta.
Irianto, Kus. 2007. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Yrama Widya : Bandung.
Khapipah, 2000. Kebiasaan Makan Pagi dan Jajan serta Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Kota Bogor. skripsi. Bogor ;Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
Khomsan,A., 2010.Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Raja Grafindo Persada : Jakarta. 140-143.
Muchtar, Julia, Gamayanti, L. I. 2011. Sarapan dan Jajan Berhubungan Dengan Kosentrasi belajar pada Remaja.Jurnal Gizi Klinik Indonesia
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka cipta : Jakarta.
Sari, D.P. 2006. Efektivitas Pelatihan (Focus your Attention) untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Simtom-simtom gangguan Pemusatan Perhatian atau Hiperaktivitas (GPP/H). Skripsi (tidak diterbitkan). Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.
Wong, Donna L 2008. Buku Ajar Keperawatan Pedeatrik Wong. Edisi 6. EGC : Jakarta
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Inayatur Rosyidah, Iva Milia Hani Rahmawati, Ucik Indrawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.