KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELAS 5-6 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Inayatur Rosyidah ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Iva Milia Hani Rahmawati ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Ucik Indrawati ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2,%20Juni.254

Keywords:

Kebiasaan Sarapan, Konsentrasi Belajar, Anak sekolah dasar

Abstract

Pendahuluan kebiasaan tidak sarapan pada anak–anak akan menyebabkan badan menjadi lemas, mengantuk, sulit menerima pelajaran, sulit berkonsentrasiturunnya gairah belajar dan kemampuan merespon. Tujuan penelitian untuk Menganalisis hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar anak kelas 5–6 di SDNCandi Mulyo Jombang. Metode penelitian ini menggunakan analitik cross sectional, penelitian ini dilakukan di SDN SDN Candi Mulyo Jombang, populasinya yaitu semua anak kelas 5-6 SDN Candi Mulyo Jombang sejumlah 50 anak, sampel pada penelitian ini 44 responden dengan menggunakan cluster random  sampling. Alat ukur yaitu kuesioner dan dianalisis menggunakan korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 44 responden sebagian besar yaitu 24 responden (54,5%) memiliki kebiasaan sarapan yang negatif. Sedangkan konsentrasi belajar bahwa dari 44 responden hampir setengah responden mempunyai konsentrasi sangat kurang yaitu 16 orang (36,4%). Tabulasi silang menunjukkan hampir setengahnya yaitu 12 responden (27,3%) memiliki kebiasaan sarapan yang negatif dan konsentrasi sangat kurang. Kesimpulan  ada hubungan kebiasaan sarapan terhadap konsentrasi belajar anak di SDN Candi Mulyo Kabupaten Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Inayatur Rosyidah, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

Program Studi S1 Keperawatan. ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

 

Iva Milia Hani Rahmawati, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

Program Studi S1 Keperawatan.

Ucik Indrawati, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

Program Studi S1 Keperawatan. 

References

Agus, Riyanto. 2011. Buku Ajar Metodologi Penelitian. EGC : Jakarta

Alimul. 2009. Metode Penelitian dan Keperawatan & Tehnik Analisa Data. Salemba Medika : Jakarta.

Azwar, S., 2011. Sikap dan Perilaku. Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. 2nded. Pustaka Pelajar, Yogyakarta 3-22.

Elizabeth J. Corwin. 2003. Buku Saku Patofisiologi. EGC : Jakarta.

Irianto, Kus. 2007. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Yrama Widya : Bandung.

Khapipah, 2000. Kebiasaan Makan Pagi dan Jajan serta Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Kota Bogor. skripsi. Bogor ;Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Khomsan,A., 2010.Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Raja Grafindo Persada : Jakarta. 140-143.

Muchtar, Julia, Gamayanti, L. I. 2011. Sarapan dan Jajan Berhubungan Dengan Kosentrasi belajar pada Remaja.Jurnal Gizi Klinik Indonesia

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka cipta : Jakarta.

Sari, D.P. 2006. Efektivitas Pelatihan (Focus your Attention) untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Simtom-simtom gangguan Pemusatan Perhatian atau Hiperaktivitas (GPP/H). Skripsi (tidak diterbitkan). Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.

Wong, Donna L 2008. Buku Ajar Keperawatan Pedeatrik Wong. Edisi 6. EGC : Jakarta

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Rosyidah, I., Rahmawati, I. M. H. ., & Indrawati, U. (2023). KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELAS 5-6 DI SEKOLAH DASAR. Journal of Nursing and Health, 8(2, Juni), 200-206. https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2, Juni.254