HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG BAITUL IZZAH I RSI SULTAN AGUNG

Authors

  • Nur Azizah Magfiroh Universitas Widya Husada Semarang
  • Rahayu Winarti Universitas Widya Husada Semarang
  • Endang Supriyati Universitas Widya Husada Semarang

Keywords:

Adolescent, Menstruation, Dysmenorrhea, Effleurage Massage

Abstract

Pendahuluan Pentingnya mutu pelayanan pada pasien di rumah sakit adalah untuk meningkatkan fasilitas kesehatan yang didalamnya terdiri dari pemeriksaan, perawatan informasi, laboratorium dan pelayanan rekam medis sehingga kepuasan terpenuhi. Didapatkan hasil bahwa masih ada pasien yang menyampaikan terkait dengan tentang daya tanggap (respon) yang terlambat dari perawat, kurang ramahnya perlakuan perawat terhadap pasien, dan mengeluh terhadap dekorasi ruangan, maka dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Baitul Izzah I RSI Sultan Agung Semarang.  Metode : Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 85 responden. Dengan kriteria inklusi pasien yang bisa membaca dan menulis, pasien dengan lama perawatan 3-6 hari, dan pasien baru masuk rumah sakit dan pertama kali dirawat di rumah sakit. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan di analisa menggunakan uji rank spearman. Hasil : Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan dalam dimensi berwujud (tangible) dengan tingkat kepuasan pasien p value 0,000 dengan nilai rho 0,401, kehandalan (reliability) dengan tingkat kepuasan pasien p value 0,000 dengan nilai rho 0,377, daya tanggap (responsiveness) dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai p value 0,000 dengan nilai rho 0,400, jaminan (assurance) dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value 0,000 dengan nilai rho 0,393,  dan empati (emphaty) dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai p value 0,000 dengan nilai rho 0,380. Kesimpulan : Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Baitul Izzah I RSI Sultan Agung Semarang.

Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, I.M.S, et al. 2021. Metodologi Penelitian Kesehatan. eds. Ronal Watriantos and Janner Simarmata. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.

Amin, M., & Purnamasari, Y. 2020. Penurunan Skala Nyeri Dismenore Primer pada Remaja Putri Menggunakan Massage Effleurage. Journal of Telenursing (JOTING). https://doi.org/10.31539/joting.v2i2.1440.

Durand, H, et al. 2021. “Prevalence and Impact of Dysmenorrhea among University Students in Ireland.” Pain medicine (Malden, Mass.) 22(12): 2835–45. https://doi.org/10.1093/PM/PNAB122.

Febriansyah, E, Kaifar, N, & Shela, K. 2021. “Pengaruh Cokelat Hitam Terhadap Intensitas Nyeri Dismenore Primer Pada Mahasiswi Akademi Kebidanan Saleha Banda Aceh.” Sel Jurnal Penelitian Kesehatan 8(2): 96–106. https://doi.org/10.22435/SEL.V8I2.5108.

Harzif, A.K, et.al (2018). Fakta-Fakta Mengenai Menstruasi Pada Remaja (1st ed.). Medical Research Unit.

Jhuda. (2014). Teori Pengukuran Nyeri Dan Nyeri Persalinan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

(2018b). Hipotesis Kerja. In Metodologi Penelitian Kesehatan (p. 108). Jakarta: Rineka Cipta.

Mahua, H., Mudayatiningsih, S., & Perwiraningtyas, P. (2018). Pengaruh Pemberian Kompres Air Hangat Terhadap Dismenore Pada Remaja Putri Di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1), 259–268. https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.787

Octaviani, D. A, Sumarni, S & Tamara, E. 2019. Pengaruh Pemberian Aromaterapi Jeruk (Orange) Terhadap Skor Nyeri Dismenore pada Remaja di Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Prayitno, S. 2014. Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita. ed. Herman Susanto. Jogjakarta: Serambi Semesta Distribusi.

Prawirohardjo, S. (2014) Ilmu Kandungan. Jakarta: Bina Pustaka

Proverawati, A. and Misaroh, S. (2009) Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika.

Pudiastuti, R. D. 2012. Tiga Fase Penting Pada Wanita. Jakarta: Gramedia.

Sari, D. P. 2019. “Pengaruh Terapi Massage Effleurage Terhadap Penurunan Nyeri Haid Pada Remaja Putri Di Klaten.” Journal Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten 14.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 4th ed. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Magfiroh, N. A., Winarti, R., & Supriyati, E. (2023). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG BAITUL IZZAH I RSI SULTAN AGUNG . Journal of Nursing and Health, 8(2, Juni), 151-162. Retrieved from https://jurnal.politeknikyakpermas.ac.id/index.php/jnh/article/view/250