EFEKTIVITAS AUDIOVISUAL FILM KARTUN DENGAN STORYTELLING TERHADAP NYERI PROSEDUR INVASIF ANAK PRASEKOLAH
Keywords:
audiovisual; storytelling; nyeri; prosedur invasif; prasekolahAbstract
ABSTRAK
Angka kesakitan anak di Indonesia berkisar 13.55 persen, sedangkan prosentase anak yang dirawat dan menjalani hospitalisasi sekitar 19 dari 1000 anak. Hospitalisasi mengharuskan anak mendapat prosedur invasive yang membuat anak cemas dan nyeri. Anak prasekolah cenderung bereaksi menolak perawatan dan tidak kooperatif saat merasakan nyeri akibat prosedur invasif, sehingga mengganggu perawatan. Terapi farmakologis berupa pemberian analgetik berdampak tidak menyenangkan, sehingga dibutuhkan terapi nonfarmakologi. Salah satu manajemen nyeri nonfarmakologi yang dapat diterapkan adalah audiovisual dan storytelling. Rancangan penelitian ini quasy experiment posttest only with control group design, dengan membandingkan antara kelompok audiovisual dan kelompok storytelling. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pendekatan consecutive sampling (sampel berurutan). Kriteria inklusi penelitian ini yaitu anak usia 4-6.5 tahun, tingkat kesadaran komposmentis, mendapat prosedur pemasangan infus. Jumlah sampel 32 pasien dengan pembagian 16 pasien kelompok audiovisual dan 16 kelompok storytelling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Wong Baker Pain Scale (WBS). Hasil penelitian menunjukkan rerata tingkat nyeri kelompok audiovisual yaitu 5.63 dengan rentang nyeri skala 4-8. Rerata tingkat nyeri pada kelompok storytelling yaitu 3.88 dengan rentang nyeri skala 4-8. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan tingkat nyeri pada kelompok audiovisual film kartun dengan kelompok storytelling (p value 0.031). Kesimpulannya storytelling lebih efektif untuk menurunkan nyeri prosedur invasif pada anak prasekolah dibandingkan dengan audiovisual film kartun. Implikasi keperawatannya storytelling dapat diterapkan di ruang anak untuk mengatasi nyeri prosedur invasif.
References
Akhyar, M., Marlinda, E., Zainab, Z., & Prayogi, B. (2021). Pengaruh Tekhnik Distraksi Visual Terhadap Tingkat Nyeri Anak Saat Pemasangan Infus Di Ruang Igd Rsud Ratu Zaleha Martapura. Jurnal Citra Keperawatan, 9(2), 73–80. https://doi.org/10.31964/jck.v9i2.193
Anggraeni, L., & Widiyanti, W. (2019). Distraction Technique: Telling Stories to Decrease Pain for Preschool Children during Inffusion. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 23–30.
Collin, V., Maydinar, D. D., Listiana, D., Keraman, B., & Prasensi, M. (2021). Pengaruh Teknik Distraksi Menonton Kartun Animasi terhadap Penurunan Skala Nyeri Saat Injeksi pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) di Edelweis RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 43–50.
Dahlan, M. . (2016). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Salemba Medika.
Daneshvar SH, M. N. (2022). Research Paper: Comparison of Audio and Audio-Visual Distraction Techniques in Managing the Pain and Dental Anxiety during Infiltration Anesthesia Injection in Children: Randomized Clinical Trial Seyedeh. J Dentomaxillofacial Radiol Pathol Surg, 11(4), 24–29.
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun terhadap Tingkat Kecemasan saat Prosedur Injeksi pada Anak Prasekolah. Journal of Health Science, 12(02), 15–29.
Hockenberry, M., & Wilson, D. (2018). Wong’s Essensials of Pediatric Nursing (11th ed.). St.Louis.
Immawati, Utami, I. T., Dewi, T. ., & Sari, B. P. (2022). Metode Penurunan Nyeri Akibat Tindakan Invasif pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) dengan Video Animasi, Story Telling dan Nafas Dalam. Jurnal Wacana Kesehatan, 7(1), 12–20.
Inan, G., & Inal, S. (2019). The Impact of Three Different Distraction Techniques on the Pain and Anxiety Levels of Children during Venipuncture. Clin Journal Pain, 35(2), 7–140.
Jethani, B. (2019). Influence of Music Therapy on Anxiety, Pain Perception, Heart Rate and Blood Pressure of Patients Undergoing Endodontic Treatment: A Rondomized Control Trial. Int J Sci Res, 11, 1–5.
Kirono, I. S. S. (2019). Pengaruh Distraksi Audiovisual terhadap Nyeri Saat Pemasangan Infus pada Pasien Anak di IGD RSUD Bangil. Jurnal Health Care Media, 3(5), 31–36.
Lestiawati, E., & Krisnanto, P. D. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Nyeri Pemasangan Infus Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Medika Respati, 12(1).
Mustofa, I. H., Verawati, M., & Sari, R. M. (2021). Studi Komparatif Skala Nyeri Saat Pemasangan Infus Pada Anak Yang Diberikan Teknik Distraksi Audio Visual Menonton Animasi Kartun Dan Teknik Relaksasi Tarik Nafas Dalam Di Rsi Siti Aisyah Kota Madiun. Health Sciences Journal, 5(1), 1. https://doi.org/10.24269/hsj.v5i1.664
Nurfatimah. (2019). Peran Serta Orangtua dan Dampak Hospitalisasi pada Anak Usia 3-6 Tahun di Ruang Anak RSUD Poso. Jurnal Bidan Cerdas, 2(2), 77.
Potter, P. ., & Perry, A. . (2015). Fundamental Keperawatan (7th ed.). Salemba Medika.
Pradana, D. Y., Triana, N. Y., & Hanum, F. (2024). An Overview of the Level of Anxiety Children when Installing Infusions in the Emergency Department of the Islamic Hospital Purwokerto. Promotor, 7(2), 266–270. https://doi.org/10.32832/pro.v7i2.592
Sari, R. K., Astuti, S. P., Sari, M., & Syari’ati, R. N. (2022). Profil Kesehatan Ibu dan Anak Tahun 2022. Badan Pusat Statistik.
Soetjiningsih. (2017). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). EGC.
Sugiyono, & Puspandhani, M. . (2020). Metode Penelitian Kesehatan (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Sulistiyani, E. (2009). Pengaruh Pemberian Kompres Es Batu terhadap Penurunan Tingkat Nyeri pada Anak Prasekolah yang Dilakukan Prosedur Pemasangan Infus di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Universitas Indonesia.
Thabrew, Hiran, Karolina, Hetrick, E., S., Wong, Huss, J. H., Sally, & Merry, N. (2018). E-Health Interventions for Anxiety and Depression in Children and Adolescents with Long-Term Physical Conditions. Cochrane Database of Systematic Reviews, 8.
Triana, N. Y., & Dewi, F. K. (2022). Pengaruh Clay Therapy terhadap Perilaku Kooperatif Anak Prasekolah yang Menjalani Hospitalisasi: Literature Review. Journal Innov Res Know, 2(2), 421–428. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/2909
Ulyah, Q., Murwati, & Rossita, T. (2023). Hubungan Lama Hospitalisasi Anak dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Di RS Tiara Sella Kota Bengkulu Tahun 2023. Student Scientific Journal, 2(1), 41–48.
Wandini, R., & Resandi, R. (2020). Pemberian Tehnik Distraksi Menonton Kartun Animasi untuk Menurunkan Tingkat Nyeri Prosedur Invasif pada Anak. 14(3), 479–485.
Wesiana, S, N., Ugrasena, Y, S., N, H., & Nisa F. (2021). Nonpharmacological Pain Management (Audiovisual Media) Reduces Pain Scale in Toddlers with Applying Infusion. International Conference of Neuroscience and Learning Technology.
Wulandari, D., & Erawati, M. (2016). Buku Ajar Keperawatan Anak. Pustaka Pelajar.
Wulandari, I. S., Setyaningsih, E., & Nurul Afni, A. C. (2020). Storytelling dengan Boneka Tangan untuk Menurunkan Tingkat Nyeri Pemasangan Infus pada Anak Prasekolah. J Keperawatan Aisyiyah, 7(1), 75–85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Noor Yunida Triana, Siti Haniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.