ASUHAN KEPERAWATAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA NY. T DENGAN ANEMIA DI RUANG DAHLIA RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO

Authors

  • Risqi Febriyantika Risqi Febriyantika
  • Rahmaya Nova Handayani Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2,%20Juni.240

Keywords:

Kata Kunci: Anemia, Nutrisi, Jus kacang Hijau

Abstract

Latar belakang : Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pengikat oksigen) berada dibawah nilai normal yang menyebabkan darah tidak dapat mengikat oksigen sebanyak yang diperlukan oleh tubuh (Riyanti et al, 2008). Nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena nutrisi sendiri merupakan komponen yang berisi zat-zat senyawa dan memiliki nilai gizi serta berhubungan dengan kesehatan dan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asuhan keperawatan kebutuhan nutrisi pada Tn. T dengan anemia di ruang dahlia RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo.

Metode penelitian : rancangan  pada studi kasus ini adalah kasus deskriptif, yaitu melakukan analisis hanya pada taraf deskriptif, dimana penulis menganalisis dan menyajikan data secara sistematik sehingga dapat untuk dipahami dan disimpulkan.

Hasil penelitian : Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 x 24 jam, penulis mengangkat diagnosa keperawatan kebutuhan nutrisi. Implementasi yang dilakukan adalah Menyediakan makanan yang tepat sesuai kondisi pasien (pemberian jus kacang hijau). Evaluasi yang didapat adalah pasien rutin secara mandiri membuat jus kacang hijau untuk menaiakn hemoglobin. Sehingga pada kasus ini dapat disimpulkan bahwa meminum jus kacang hijau memiliki manfaat menaikan hemoglobin pada pasien anemia.

 

Kata Kunci: Anemia, Nutrisi, Jus kacang Hijau

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmaya Nova Handayani, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Keperawatan Program Profesi Ners

 

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Febriyantika, R., & Handayani, R. N. (2023). ASUHAN KEPERAWATAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA NY. T DENGAN ANEMIA DI RUANG DAHLIA RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO. Journal of Nursing and Health, 8(2, Juni), 253-256. https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2, Juni.240