PENGARUH PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KECEMASAN KELUARGA SEBAGAI CAREGIVER ODGJ

Authors

  • Suharsono Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Rantika POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
  • Erna Erawati POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
  • Suyanta POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v8i4%20Desember.313

Abstract

Latar belakang : Gangguan jiwa merupakan keadaan seseorang yang mengalami masalah dalam pemikiran  kehidupan, interaksi dengan orang lain, dan perilaku terhadap dirinya. Penyebab gangguan jiwa pada umumnya terjadi karena kekecewaan mendalam, trauma psikis dalam kehidupan maupun stress berkepanjangan. Keluarga sebagai caregiver mempunyai peran penting dalam merawat dan mendampingi kehidupan ODGJ. Sebagai caregiver, keluarga tak lepas dari dampak diskriminasi masyarakat sekitar yang dapat menimbulkan beban tekanan mental pada dirinya.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap kecemasan keluarga sebagai caregiver ODGJ.

Metodologi : Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan quasi eksperiment dengan one group pretest – posttest design without control group. Responden pada penelitian ini adalah caregiver ODGJ yang berada di wilayah kerja Puskesmas Borobudur. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pusposive sampling dan didapatkan hasil sebanyak 32 responden. Uji statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap kecemasan keluarga sebagai caregiver ODGJ dengan nilai p value <0,005

Kesimpulan: Terdapat  pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap kecemasan keluarga sebagai caregiver ODGJ.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Suharsono, Rantika, Erawati, E., & Suyanta. (2024). PENGARUH PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KECEMASAN KELUARGA SEBAGAI CAREGIVER ODGJ. Journal of Nursing and Health, 8(4 Desember), 359-366. https://doi.org/10.52488/jnh.v8i4 Desember.313