Studi Deskriptif Beban Caregiver Insan Pasca Stroke Di Rumah Sakit Panti Wilasa dr. Cipto Semarang

Authors

  • Kartika Setia Purdani Universitas Diponegoro
  • Fery Agusman Motuho Mendrofa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Semarang
  • Nurrulya Rahma Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v1i1.32

Keywords:

Beban, caregiver, manusia pasca stroke

Abstract

Latar belakang : Kesembuhan pasien akan sangat terbantu jika pihak keluarga memberikan dorongan, menunjukkan kepercayaan diri pada perbaikan pasien dan memungkinkan pasien melakukan banyak hal untuk lakukan dan hiduplah semandiri mungkin. Stroke merupakan sindrom neurologis yang menimbulkan ancaman terbesar dan dapat menyebabkan kecacatan dalam kehidupan manusia, penanganannya adalah tahap akut dan rehabilitasi, pengalaman pengasuhan yang berhubungan dengan respon multidimensi terhadap tekanan fisik, psikologis, emosional, sosial dan finansial. begitu. bahwa rehabilitasi Proses di rumah akan memberatkan pengasuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskriptif studi tentang beban caregiver penderita stroke di Semarang.

Metodologi : penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 30 orang perawat survivor stroke yang kontrol sehat selama rawat inap dan dirawat inap. Analisis penelitian menggunakan uji chi square (signifikansi 5%).

Hasil : penelitian menunjukkan bahwa pengasuh dominan merasa terbebani (63%) dengan posisinya. Beban caregiver yang dirasakan multidimensi stress terbukti pada caregiver.

 

Kata kunci: Beban, caregiver, manusia pasca stroke.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kartika Setia Purdani, Universitas Diponegoro

Keperawatan

Fery Agusman Motuho Mendrofa, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Semarang

Keperawatan

Nurrulya Rahma, Universitas Diponegoro

Keperawatan

Downloads

Published

2016-03-01

How to Cite

Purdani, K. S. ., Mendrofa, F. A. M., & Rahma, N. . (2016). Studi Deskriptif Beban Caregiver Insan Pasca Stroke Di Rumah Sakit Panti Wilasa dr. Cipto Semarang. Journal of Nursing and Health, 1(1), 7-12. https://doi.org/10.52488/jnh.v1i1.32