HUBUNGAN KELELAHAN DENGAN BONDING ATTACHMENT PADA IBU POST PARTUM

Authors

  • Anita Rahmawati ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

Keywords:

Kelelahan, Bonding Attachment, Ibu Post Partum

Abstract

Pendahuluan Pada masa nifas rentan terjadi kelelahan pada wanita disebabkan karena proses persalinan yang mengeluarkan banyak energi dan kurangnya istirahat dalam keseharian. Kelelahan yang terjadi secara terus menerus dapat berdampak pada kesehatan mental dan berimplikasi pada aktifitas keseharian, motivasi dan interaksi sosial ibu, sehingga dapat memengaruhi kemampuan ibu untuk merawat bayinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kelelahan dengan bonding attachment pada ibu post partum. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan studi cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah ibu post partum yang dirawat di Ruang Melati RSUD Kota Jombang yang berjumlah 30 ibu post partum dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian dilaksanakan di RSUD Kota Jombang. Pengambilan data menggunakan instrumen Post Partum Fatigue Scale (PFS) untuk mengukur kelelahan yang dirasakan ibu post partum dan lembar observasi untuk mengukur bonding attachment dengan analisa data menggunakan uji spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kelelahan dengan bonding attachment didapatkan P value = 0,001 berarti P value < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan kelelahan dengan bonding attachment pada ibu post partum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiyanti. Y. 2003. The experience of becoming a first-time mother in rural Indonesia: A phenomenological study. in press

Alligood, M.R. 2014. Nursing Theorists and Their Work, 8th ed. Missouri: Mosby Elsevier

Asrina A, Nurjannah SN, Kartikasari A, Budiarti L. Hubungan Umur, Tingkat Pengetahuan Dan Paritas Ibu Nifas Dengan Pelaksanaan Bounding Attachment. J Ilmu Kesehat Bhakti Husada Heal Sci J. 2021;12(1):90 -96. doi:10.34305/jikbh.v12i1.259

Caragih. 2014. Pengertian Karakteristik. http://www.trendilmu.com/2015/06/ pengertian-karakteristik secara.umum.html

Corwin. E. J. & Arbour. M. 2007. Postpartum Fatigue and Evidence-Based Intervention. The American Journal of Maternal Child Nursing.

Depkes RI. 2010. Prinsip Pengelolaan Program KIA. Jakarta: Depkes RI.

Dewi, V.N.L. dan Sunarsih, T. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas. Jakarta: Salemba Medika

Marmi. 2015. Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas (peuperium care). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nugroho, T. 2014. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas 3. Yogyakarta: Nuha Medika

NANDA. 2015-2017. Diagnosis Keperawatan: Definisi dan klasifikasi. Alih bahasa: Keliat. B.A. Windarwati. H.. Pawirowiyono. A. Subu. M.A. Edisi 10. pp: 172. Jakarta: EGC.

Troy. N. W.. & Dalgas-Pelish. P. 2003. The Effectiveness of a Selfcare Intervention for the Management of Postpartum Fatigue. Applied Nursing Research. Volume 16. issue 1. februari 2003. pp.38-45.

Taylor. J. Jhonson. M. 2010. How Women Manage Fatigue After

Childbirth. Midwifery. June 2010. volume 26. issue 3. pp. 367-375.

Meral. K.. Yagmur. E.. Apay. S. E. 2015. Comparison of Fatigue Levels of Postpartum Women According to the Birth Method. Journal International of Caring Sciences.

Saragih. B. 2015. Hubungan Tingkat Kelelahan dengan postpartum Blues pada Ibu Postpartum Pasca Gempa Di Wilayah Puskesmas Jetis Kabupaten Bantul. Skripsi Universitas Gadjah Mada.

Siregar. F. 2008. Hubungan Antara Karakteristik Ibu. Faktor Fisiologis. Faktor Psikologis dan Faktor Situasi dengan Tingkat Kelelahan Ibu Postpartum di Ruang V RSU dr Pirngadi Medan. Jurnal Fakultas keperawatan Universitas Indonesia.

Wahyuni. 2016. Hubungan Usia dan Pendidikan Ibu Postpartum dengan Bounding Attachment di Ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah Abdul

Wijayanti. N.P. 2011. Gambaran Tingkat Kelelahan dan Manajemen Kelelahan Berdasarkan Tiredness Management Guide (TMG) Selama Periode Postpartum. Skripsi Keperawatan Universitas Gajah Mada.

Wulandari S.R, dan Handayani, S. 2010. Asuhan Kebidanan Ibu masa Nifas. Yogyakarta : Goysen Publishing

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Rahmawati, A. (2024). HUBUNGAN KELELAHAN DENGAN BONDING ATTACHMENT PADA IBU POST PARTUM . Journal of Nursing and Health, 8(4 Desember), 380-387. Retrieved from http://jurnal.politeknikyakpermas.ac.id/index.php/jnh/article/view/322