Analisis Karakteristik Individu Terhadap Kejenuhan Perawat

Authors

  • Renny Triwijayanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang
  • Luky Dwiantoro Universitas Diponegoro
  • Bambang Edi Warsito Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v1i1.35

Keywords:

Kontrol Diri Dan Kejenuhan Kerja, Usia Perawat

Abstract

Latar belakang : Kejenuhan kerja prevalensi sangat tinggi dalam perawatan, terutama tenaga kesehatan dan perawat, karena mereka selalu mengalami situasi kerja yang memacu stres, bekerja dengan kontak  langsung  pada   pasien  yang   memiliki  tingkat  penyakit  yang  berbeda. Perawat mengalami burnout lebih tinggi dibandingkan dengan profesi lain.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perawat   terhadap kejenuhan kerja perawat.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional terhadap 85 perawat di ruang rawat inap. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kejenuhan kerja dengan skala Maslach Burnout   Inventory.

Hasil : Dari hipotesis yang ada didapatkan terdapat hubungan yang signifikan antara usia dan masa kerja dengan burnout perawat. Berkenaan dengan kejenuhan menyimpulkan bahwa perawat   muda cendrung mengalami burnout lebih tinggi dari perawat tua. Perawat dengan  masa kerja lebih lama cendrung mengalami burnout lebih rendah.

Kesimpulan : Untuk meningkatkan program yang dapat menurunkan kecendrungan burnout dengan memberikan kesempatan kepada perawat yang lebih muda untuk ikut  serta dalam kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan perawat.

 

Kata kunci : Kontrol Diri Dan Kejenuhan Kerja, Usia Perawat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Renny Triwijayanti, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang

Keperawatan

Luky Dwiantoro, Universitas Diponegoro

Keperawatan

Bambang Edi Warsito, Universitas Diponegoro

Keperawatan

Downloads

Published

2016-03-01

How to Cite

Triwijayanti, R. ., Dwiantoro, L. ., & Warsito, B. E. . (2016). Analisis Karakteristik Individu Terhadap Kejenuhan Perawat. Journal of Nursing and Health, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.52488/jnh.v1i1.35