PENGARUH PEMBERIAN SPA KAKI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI

Authors

  • Nurul Tri Manfa’ati Politeknik Yakpermas Banyumas
  • Eko Julianto Politeknik Yakpermas Banyumas
  • Sudiarto Sudiarto Politeknik Yakpermas Banyumas

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v4i1.40

Keywords:

Hipertensi, Spa Kaki

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang Tekanan dan tuntutan yang adekuat menjadikan seseorang stress merupakan salah satu pencetus dari hipertensi. Hipertensi bukanlah penyakit yang dipandang dengan sebelah mata saja, sebab kondisi factual menyatakan bahwa hipertensi dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal, penyakit pembuluh lain dan penyakit lainnya. Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah arteri yang bersifat sistematik atau berlangsung terus menerus untuk jangka waktu yang lama dan disetiap tahunnyab angka kejadian hipertensi disetiap Negara bervariasi. Di Indonesia khususnya di Jawa Tengah tercatat sebanyak 497.966 kasus (67%) tindakan non farmakologi yang diharapkan dapat menurunkan tekanan darah adalah dengan terapi alternative komplementer. Salah satu terapi alternative komplementer yaitu spa kaki. Untuk mengetahuai pengaruh spa kaki terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi.

Metode, telah dilakukan studi kasus dengan cara kuasai eksperimen dengan pre dan post control group yang memberikan perlakuan pada dua atau lebih responden, kemudian diobservasi sebelum dan sesudah implementasi. Dengan diberikan tindakan spa kaki selama selama kurang lebih 30 menit untuk responden perlakuan.

 Kesimpulkan bahwa spa kaki dapat menurunkan tekanan darah pada responden perlakuan dengan rata-rata penurunan tekanan darah selama 3 hari diberikan tindakan yaitu untuk sistolik 5 mmHg dan diastolic 10 mmHg.

Kata Kunci : Hipertensi, Spa Kaki

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Tri Manfa’ati, Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Eko Julianto , Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Sudiarto Sudiarto, Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Manfa’ati, N. T. ., Julianto , E. ., & Sudiarto, S. (2021). PENGARUH PEMBERIAN SPA KAKI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI. Journal of Nursing and Health, 4(1), 32-39. https://doi.org/10.52488/jnh.v4i1.40

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>