MOBILISASI DINI PERCEPATAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA IBU POST PARTUM DI RUANG BERSALIN (VK) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. Dr. MARGONO SOEKARDJO PURWOKERTO

Authors

  • Vinita Ratnafuri Politeknik Yakpermas Banyumas
  • Dwi Astuti Politeknik Yakpermas Banyumas
  • Fida Dyah P Politeknik Yakpermas Banyumas

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v4i2.43

Keywords:

bu post partum, mobilisasi dini, luka perineum

Abstract

Latar Belakang Post partum adalah suatu periode dalam minggu-minggu pertama setelah kelahiran. Lamanya periode ini tidak pasti, sebagian besar menganggapnya antara 4-6 minggu. Walaupun masa relative tidak kompleks dibandingkan dengan kehamilan, nifas ditandai oleh banyak perubahaan fisiologis. Mobilisasi dini merupakan faktor yang sangat mempengaruhi percepatan kesembuhan luka perineum pada ibu post partum.

Tujuan sangat berguna untuk membantu jalannya penyembuhan luka perineum. Mobilisasi dini suatu upaya membimbing kemandirian pasien sedini mungkin untuk mempertahankan fungsi fisiologis. Perawataan luka jalan lahir ini dimulai sesegera mungkin setelah 2 jam dari persalinan normal. Untuk mengetahui percepat proses penyembuhan luka perineum pada ibu post partum. Telah dilakukan tindakan mobilisasi dini kepada kedua responden.

Hasil mengalami percepatan proses penyembuhan luka yang ditandai dengan pada responden pertama pada hari kedua sudah menyatu jaringan luka dan pada responden kedua pad hari ketiga sudah mulai menyatu jaringan luka.

Kesimpulan  pengaruh dalam percepatan proses penyembuhan luka perineum pada ibu post partum dan tidak terdapat tanda – tanda infeksi di luka perineum sehingga dilakukan implementasi selama 3 hari dengan melakukan tindakan mobilisasi untuk mempercepat proses penyembuhan luka perineum efektif.

Kata kunci: ibu post partum, mobilisasi dini, luka perineum.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vinita Ratnafuri, Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Dwi Astuti , Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Fida Dyah P, Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Ratnafuri, V. ., Astuti , D. ., & Dyah P, F. . (2021). MOBILISASI DINI PERCEPATAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA IBU POST PARTUM DI RUANG BERSALIN (VK) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. Dr. MARGONO SOEKARDJO PURWOKERTO. Journal of Nursing and Health, 4(2), 47-55. https://doi.org/10.52488/jnh.v4i2.43

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>