A ASUHAN KEPERAWATAN DASAR PADA TN. S PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN INTEGRITAS KULIT DAN JARINGAN DI RUANG MAWAR RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARDJO

Authors

  • Nuraini Habibah Nuraini Habibah
  • Ikit Netra Wirakhmi Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2,%20Juni.239

Keywords:

Chronic kidney diseasegangguan integritas kulit atau jaringan dan pruritus.

Abstract

Latar belakang : Chronic kidney disease didefinisikan sebagai kerusakan ginjal yang mengalami disfungsional yang berlangsung lebih dari tiga bulan dan terjadi penurunan glomerulus filtration rate yang kurang dari 60mL/min/1,73m2. Penyakit gagal ginjal kronis merupakan ketidakmampuan ginjal mengeluarkan racun dan produk limbah darah lainnya, hal ini biasnaya ditandai dengan adanya protein urin dan keratinin yang tinggi sehingga menyebabkan sindrom uremia yang mengakibatkan perpospatemi hingga timbul pruritus.

Metode : Rancangan pada studi kasus ini adalah kasus deskriptif, yaitu melakukan analisis hanya pada taraf deskripsi, dimana penulis menganalisis dan menyajikan data secara sistematik sehingga dapat untuk dipahami dan disimpulkan.

Hasil : Setelah diberikan asuhan keperawatan selama 3 hari berturut - turut, penulis mengangkat diagnosa keperawatan gangguan integritas kulit dan jaringan. Intervensi yang di implementasikan yaitu berupa mengidentifikasi penyebab gangguan integritas kulit, menggunakan produk bahan petrolium/minyak  pada kulit kering, menganjurkan menggunakan pelembab (Misal, lotion, serum) serta mengkolaborasikan pemberian antibiotik.

Evaluasi yang didapatkan adalah pasien rutin secara mandiri menggunakan lotion yang mengandung bahan pertolium sehingga sensasi rasa gatal pada badannya berangsur-angsur berkurang, kulit tampak lembab dan tidak tampak ada tanda infeksi. Sehingga dalam kasus ini dapat di simpulkan bahwa penggunaan oil yang mengandung bahan pertoliun memiliki manfaat untuk mengurangi pruritus pada pasien chronic kidney disease.

 

Kata Kunci: Chronic kidney disease, gangguan integritas kulit atau jaringan dan pruritus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ikit Netra Wirakhmi, Universitas Harapan Bangsa

Program Studi Profesi Ners

 

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Habibah, N., & Wirakhmi, I. N. . (2023). A ASUHAN KEPERAWATAN DASAR PADA TN. S PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN INTEGRITAS KULIT DAN JARINGAN DI RUANG MAWAR RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARDJO. Journal of Nursing and Health, 8(2, Juni), 247-252. https://doi.org/10.52488/jnh.v8i2, Juni.239