BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK STUDI PENELITIAN DI PAUD DESA SIDOREJO KECAMATAN PARE
Keywords:
Bermain Peran, Kemampuan Sosialisasi, PAUDAbstract
Pendahuluan: Anak usia prasekolah sangat penting dalam tahap perkembanganya khususnya dalam aspek sosialisasi. Perkembangan sosialisasi anak cenderung memiliki perilaku secara norformatif, seperti anak yang terisolasi, penakut, agresif, dan bergantung kepada orang lain Keterlambatan perkembangan anak dalam aspek sosial dapat menunjukkan masalah dalam berinteraksi dengan teman sebayanya karena sikap pasif dan ketidakpedulian mereka dalam menanggapi upaya teman sebayanya melalui interaksi Bermain peran merupakan bentuk bermain aktif anak-anak melalui perilaku dan bahasa yang jelas, berhubungan dengan situasi, sehingga anak dapat mengembangkan sosialisasi. Tujuan: menganalisis pengaruh terapi bermain dengan kemampuan sosialisasi Anak di pendidikan PAUD Desa Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Metode: Penelitian ini adalah quasy eksperimental, dengan mengambil jenis “one group pretest-posttest. Jumlah responden adalah 60 responden. Instrumen untuk mengukur kemampuan sosialisasi menggunakan cheklist. Analisis statistik menggunakan Wilcoxon dengan p<0.05. Hasil : Kemampuan sosialisasi anak PAUD sebelum dilakukan bermain peran hampir sebagian responden dalam ketegori kurang yaitu 21,7%, baik yaitu ada 48,3%, sangat baik 30%, sementara kemampuan sosialisasi anak setelah dilakukan bermain peran mengalami peningkatan yaitu ketegori baik 18,3 % dan sangat baik 81, 7%. Analisis statistik uji Wilcoxon didapatkan p: 0,000. Kesimpulan: Ada pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak PAUD YBPK Sidorejo Kecamatan Pare
Kata Kunci: Bermain Peran, Kemampuan Sosialisasi, PAUD
References
Gainau, M. B. (2021). Psikologi anak. Yogyakarta: PT Kanisius
Leny, L., & Kusmawati, C. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Matahari Palembang: Medical Sciences Journal, 7(1), 1-11.
Simarmata, J., Sari, D. C., Purba, D. W., Mufarizuddin, M., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi pendidikan lewat transformasi digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Suharsono, J. T., Fitriani, A., & Upoyo, A. S. (2009). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 4(3), 112-118.
Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah ibu baik. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia
George S, Morisson 2012. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Cartledge dan Milburn, 1992. Teaching Social Skill to Children. New York: Perganon.
Yuliani Nurani Sujiono 2013. Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek
Putri. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodayuh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. 23(3), 2019.
Seran. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Slime Terhadap Respon Biologis, Psikologi, Dan Perilaku Makan Pada Anak Preschool Yang Menjalani Hospitalisasi Di Ruang Dahlia Rsud Mgr. Gabriel Manek, Svd Atambua. In Ir-Perpustakaan Universitas Airlangga.
Smogorzewska, J., & Szumski, G. (2018). Developing Preschoolers’ Social Skills: The Effectiveness of Two Educational Methods. International Journal of Disability, Development and Education, 65(3), 318–340. https://doi.org/10.1080/1034912X.2017.1368461
Susilawati. (2018). Permasalahan Sosial Emosional Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. 1–7. Urbach. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap45 Perkembangan Sosial pada Anak Usia Prasekolah 4-5 Tahun di TK Barunawati 3 Samarinda (Issue 1
Wardany. (2017). Pengaruh Aktivitas Bermain Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kalibening Pekalongan Lampung Timur. 1(5), 51–57
Anis Pujinastiti,Yanita Tri Setiyaningsih,Latifah Susilowati,(2018) Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Pra Sekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rsu Pku Muhammadiyah Bantul. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Hulwana Urbach, (2018) Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Prasekolah 4-5 Tahun Di Tk Barunawati 3 Samarinda. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. https://doi.org/10.31219/osf.io/p5gu8
Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–24.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16202/12654
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Prasetianingati, Endang Yuswatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.