PENGARUH PENERAPAN PERENCANAAN PASIEN PULANG TERHADAP KEPUASAN DI RUMAH SAKIT UNGARAN

Authors

  • Rahayu Winarti Universitas Widya Husada Semarang
  • Niken Sukesi Universitas Widya Husada

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v8i3,September.306

Keywords:

Kepuasan Pasien, Perencanaan Pasien Pulang, Pelayanan Kesehatan

Abstract

Pendahuluan Pelayanan Kesehatan yang baik terhadap pasien, salah satu indikatornya adalah kepuasan pasien. Pelayanan penting yang dapat menjadi faktor penentu kepuasan pasien adalah pelayanan persiapan pemulangan. Manajemen Perencanaan Pasien Pulang (Discharge Planning) akan menghasilkan sebuah hubungan yang terintegrasi yaitu antara keperawatan yang diterima pada waktu di rumah sakit dengan keperawatan yang diberikan setelah pasien pulang. Kegagalan untuk memberikan dan mendokumentasikan perencanaan pulang akan beresiko  terhadap beratnya penyakit, ancaman hidup, dan disfungsi fisik. Dalam perencanaan pulang diperlukan komunikasi yang baik terarah, sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti dan berguna untuk keperawatan di rumah. Tujuan Penelitian adalah mengidentifikasi pengaruh intervensi manajemen perencanaan pasien pulang pada kepuasan pasien. Metode jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan quasi eksperimen design dengan rancangan penelitian one-group pre test-post test design without control dengan consecutif sampling. Analisis data univariat  berbentuk distribusi frekuensi karakteristik responden yatu usia, jenis kelamin, tingkat Pendidikan  dan pekerjaan. Sedangkan analisis bivariat menggunakan Uji T Independent.  Hasil penelitian menunjukkan hasil uji t efektifitas discharge planning dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran dengan nilai asymp.sig sebesar 0,000, nilai ini lebih kecil dari nilai signifikan 0,05 artinya terdapat pengaruh penerapan discharge planning terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien sebelum discharge planning tidak puas 11 orang (36,6%) dan puas 19 orang (63,4%) dan tingkat kepuasan pasien setelah discharge planning meningkat menjadi 26 orang (87 %) dan ketidakpuasan berkurang menjadi  4 orang (13 % )

 

Kata Kunci:  Kepuasan Pasien, Perencanaan Pasien Pulang

Author Biography

Niken Sukesi, Universitas Widya Husada

Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi

References

AHRQ (2013) ‘“Strategi 4: Care Transition From Hospital to Home: IDEAL Discharge Palnning”’.

Asmuji, A. and Faridah, F. (2020) ‘Indeks Kepuasan Pasien terhadap Pelaksanaan Discharge Planning oleh Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit’, The Indonesian Journal of Health Science, 12(1), pp. 26–33. doi:10.32528/ijhs.v12i1.4853.

Baker, mariani stefani (2019) Hubungan Pelaksanaan Discharge Planning dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas II dan III RSUD Prof.Dr.W.Z Johannes Kupang, Universitas Airlangga. Available at: http://repository.unair.ac.id/83956/8/FKP. N. 30-19 Bak h.pdf.

Depkes RI (2015) Indikator Kinerja Rumah Sakit. Jakarta.

Hariyati, T.S. 2008. Discharge Planning Report. Jakarta. EGC

Imbalo, S. 2006. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta. FKM.UI

Indriyani, E. 2014. Efektifitas Program Discharge Planning Dengan Kepuasan PAsien di Rumah Sakit Surakarta. Jurnal

M Nursalam (2015) Manajemen Keperawatan. 5th edn. Edited by S. Medika. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2012) Metodologi Penelitian Kesehatan. Revisi, Ce. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam (2011) Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Thesis dan Instrumen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Potter & Perry (2005) Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik. 4 th. Edited by A.Y. Dkk. Jakarta: EGC.

Rofi’i, M., Hariyati, R. and Pujasari, H. (2012) ‘Perjanjian dan Konsesnsus Dalam Pelaksanaan Perencanaan Pulang Pada Perawat Rumah Sakit’, Journal Keperawatan Indonesia [Preprint].

Ulfa, E.H. (2020) ‘Akreditasi Rumah Sakit’, SELL Journal, 5(1), p. 55.

Winarti, R. (2019) ‘Indonesian Journal of Global Health Research’, Indonesian Journal of Global Health Research, 2(4), pp. 101–108. doi:10.37287/ijghr.v2i4.250.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Winarti, R., & Sukesi, N. (2024). PENGARUH PENERAPAN PERENCANAAN PASIEN PULANG TERHADAP KEPUASAN DI RUMAH SAKIT UNGARAN. Journal of Nursing and Health, 8(3,September), 273-279. https://doi.org/10.52488/jnh.v8i3,September.306

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.