Identifikasi Faktor Utama Pemicu Serangan Asma Akut Pada Anak Balita dan Potensi Epidemi Di Kabupaten Banjarnegara

Authors

  • Wahju Purbo Juwono Politeknik Yakpermas Banyumas
  • Sudiarto Sudiarto Politeknik Yakpermas Banyumas
  • Fida Dyah Pusipitasari https://orcid.org/0000-0001-7012-615X

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v1i2.48

Keywords:

Asma, Epidemic, Balita, Banjarnegara

Abstract

Asma merupakan gangguan saluran nafas yang sangat kompleks, tidak memiliki sifat yang khas,  baik  gambaran klinis,  faktor  pencetus, proses  perjalanan penyakit,  maupun    pola mekanisme terjadinya sangat bervariasi. Obstruksi parsial dari bronkus dapat menyebabkan mengi yang sering salah didiagnosis dan diobati sebagai asma. Profil kesehatan tahun 2010 penyakit asma berada pada urutan pertama karena digolongkan dengan penyakit pada saluran pernapasan bagian bawah. Rhinovirus pada masa bayi merupakan faktor  risiko yang paling signifikan untuk perkembangan mengi persisten pada anak pra-sekolah. Pada anak-anak diatas 2 tahun rhinovirus adalah patogen predominan umum virus pilek dikaitkan dengan eksaserbasi  asma.  Penelitian  yang  dilaksanakan  fokus  pada    Identifikasi  Faktor  Utama Pemicu Serangan Asma   Akut Pada Anak Balita   Dan Potensi Epidemi   Di Kabupaten Banjarnegara.

Metode penelitian dengan metode deskriptif, anak yang menjadi responden dalam penelitian ini berjumlah 74 anak. Dari 70 anak tersebut, sebanyak 39 anak (55,7%) berjenis kelamin laki-laki dan sisanya 31 anak (44,3%) berjenis kelamin perempuan.

Hasil : penelitian distribusi jenis kelamin anak pada kelompok kasus dan kontrol memiliki variasi berbeda. Mayoritas anak pada kelompok kasus (68,6%) berjenis kelamin laki-laki dan mayoritas anak pada kelompok kontrol (57,1%) berjenis kelamin perempuan.

Kesimpulan : Dari penelitian ditemukan 4 (empat) variabel sebagai factor pemicu   serangan asma pada anak   yaitu infeksi saluran pernapasan akut,  aktivitas  fisik  yang  berlebihan, konsumsi  jenis  makanan  tertentu,  dan paparan suhu dingin, dan ditemukan pula 5 (lima) variabel yang tidak berhubungan secara signifikan dengan serangan asma pada anak   yaitu stres emosional, aktivitas fisik yang berlebihan, paparan asap rokok, paparan debu rumah, dan paparan asap pembakaran.

                                                                                                              

Kata kunci: Asma, Epidemic, Balita, Banjarnegara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahju Purbo Juwono, Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Sudiarto Sudiarto, Politeknik Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Fida Dyah Pusipitasari, https://orcid.org/0000-0001-7012-615X

Keperawatan

Downloads

Published

2016-09-08

How to Cite

Juwono, W. P. ., Sudiarto, S., & Pusipitasari, F. D. . (2016). Identifikasi Faktor Utama Pemicu Serangan Asma Akut Pada Anak Balita dan Potensi Epidemi Di Kabupaten Banjarnegara. Journal of Nursing and Health, 1(2), 69-78. https://doi.org/10.52488/jnh.v1i2.48

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>