Potensi Licopen Pada Tomat Untuk Penurunan Kadar Kolesterol (LDL) Pada Penderita Hipertensi (Hiperkolesterolemi)

Authors

  • Sudiarto Sudiarto Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas
  • Soewito Soewito Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Titih Huriah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52488/jnh.v2i1.56

Keywords:

Hiperkolesterol, Hiperkolesterolemia, Licopen, Trigliserida

Abstract

Latar belakang : Hiperkolesterol   adalah  merupakan suatu zat  lemak  yang  beredar  di  dalam darah, melebihi batas normal. Peningkatan kolesterol dalam darah atau trigliserida plasma merupakan salah satu faktor resiko terjadinya hipertensi. Pengelolaan hipertensi tanpa obat, hasilnya lebih dari sekedar mengatasi penyakit ini saja, tapi juga sekaligus mencegah stroke dan serangan jantung.   Pengobatan non farmakologi menggunakan bahan-bahan alami yang berpengaruh untuk menurunkan kadar kolesterol darah misalnya, flavanoid, allisin, sulfonilurea, linoleat, vitamin C, vitamin E, pektin, diosgenin dan serat. Diet tinggi serat seperti licopen (Lycopersicon esculentum) bermanfaat untuk menghindari kelebihan lemak, lemak jenuh, dan kolesterol. Salah satu bahan makanan yang tinggi serat adalah tomat (Lycopersicon esculentum), tomat dalam bentuk jus lebih mudah untuk diserap dan dicerna.

Metode : penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen (eksperimen semu), menggunakan rancangan pretest – posttest with control group. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Bunda Purwokerto pada bulan Maret sampai dengan April 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah  penderita hipertensi yang hiperkolesterolemia sejumlah 53 orang, sampel pada penelitian ini adalah 15 orang untuk masing-masing kelompok.

Hasil : Kelompok intervensi mendapatkan jus tomat 300 ml dua kali pagi dan sore selama tiga hari, terbuat dari 150 gram buah tomat, 50 ml air, 2 gram gula pasir. Kelompok kontrol tidak mendapatkan jus tomat. Kedua kelompok mendapat therapi amlodipin 2 x 5 mg dan Cholestat 1 x 10 mg.

Kesimpulan : Kadar kolesterol LDL sebelum dan sesudah pemberian jus tomat kelompok kontrol tidak mengalami penurunan signifikan. Kadar kolesterol LDL sebelum dan sesudah pemberian jus tomat kelompok intervesni mengalami penurunan signifikan.

 

Kata Kunci: Hiperkolesterol, Hiperkolesterolemia, Licopen, Trigliserida

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sudiarto Sudiarto, Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas

Keperawatan

Soewito Soewito, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Keperawatan

Titih Huriah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Keperawatan

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Sudiarto, S., Soewito, S., & Huriah, T. . (2017). Potensi Licopen Pada Tomat Untuk Penurunan Kadar Kolesterol (LDL) Pada Penderita Hipertensi (Hiperkolesterolemi). Journal of Nursing and Health, 2(1), 22-31. https://doi.org/10.52488/jnh.v2i1.56

Most read articles by the same author(s)