HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMAMPUAN TURN TAKING ANAK USIA PRASEKOLAH DI PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.52488/jnh.v8i4%20Desember.318Keywords:
Interaksi Sosial, Anak Usia Prasekolah, Turn TakingAbstract
Pada anak usia dini, interaksi sosial sangat dibutuhkan karena anak nantinya akan diajarkan bagaimana hidup bermasyarakat. Kemudian anak diajarkan berbagai peran yang nantinya akan menjadi indentifikasi dirinya. Saat melakukan interaksi sosial, anak akan memperoleh berbagai informasi yang ada disekitarnya. Banyak anak yang belum memahami pentingnya berinteraksi sosial dengan teman sebayanya dilingkungan sekolah. Selain itu, anak-anak harus belajar bagaimana mengintegrasikan turn taking agar menjadi orang yang terampil dalam percakapan meskipun kemampuan turn taking mulai muncul sejak masa bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan turn taking anak usia prasekolah di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling purposive dengan total sampel sebanyak 30 responden. Data yang terkumpul dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan teknik uji statistik spearmank rank dengan skala data nominal dan ordinal. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan turn taking anak usia prasekolah di Pekanbaru dengan nilai p adalah 0.007 dan nilai r adalah 0.480. Terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan kemampuan turn taking pada anak usia prasekolah di Pekanbaru. Setiap peningkatan interaksi sosial akan berdampak positif dengan peningkatan kemampuan turn taking sebesar 0.480 kali.
Downloads
References
Andarbeni, S.L., & Christiana, E., 2013. Studi Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A dalam Kegiatan Metode Proyek di TK Plus Al-Falah Pungging Mojokerto. Jurnal BK Unesa, 4 (1), hal: 285-292. Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/6592%20%5B13.
Asih, M.K., 2017. Pemerolehan Kompetensi Pragmatik bagi Anak Berbahasa Ibu Bahasa Inggris (Sebuah Kajian Psikopragmatik Studi Kasus pada Anak Video Blogger Usia 2-4 Tajun. Tesis. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Diponegoro, Semarang. Available at: http://eprints.undip.ac.id/58402/1/TESIS_MUTIARA_KARNA_ASIH_(13020215420022).pdf.
Casillas, M., et al., 2015. Turn taking, Timing, and Planning in Early Language Acqusition. Journal of Child Language, 6 (1), p.1-28. Available at: https://www.researchgate.net/publication/284719130_Turn-taking_timing_and_planning_in_early_language_acquisition.
Chung, E., 2020. The Development of Turn-Taking and Gaze Behaviour: A Literature Review. Thesis. Faculty of Humanities, Utrecht University. Available at: http://dspace.library.uu.nl/handle/1874/397975.
Dewi, R.F., dkk, 2018. Turn Taking Strategies And Its Relations To EFL Learners’ Personality And Power In The Interaction Of English Conversation Class. English Teaching Learning and Research Journal. Available at: https://www.researchgate.net/publication/330395012_TURN_TAKING_STRATEGIES_AND_ITS_RELATIONS_TO_EFL_LEARNERS'_PERSONALITY_AND_POWER_IN_THE_INTERACTION_OF_ENGLISH_CONVERSATION_CLASS.
Dewi,. Y.U., dkk, 2018. Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Kemampuan Turn taking Anak Autisme di Layanan Disabilitas Pendidikan dan Inklusi Kota Surakarta. Skripsi. Diploma IV Terapi Wicara. Poltekkes Kemenkes, Surakarta. Available at: https://lib.poltekkes-solo.ac.id/.
Donnelly, S., & Kidd, E., 2021. The Longitudinal Relationship Between Conversational Turn taking and Vocabulary Growth in Early Language Development. Journal of Child Developmentl, 92 (2), p.609-625. Available at: https://srcd.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/cdev.13511.
Entoh, C., dkk, 2020. Deteksi Perkembangan Anak Usia 3 Bulan – 72 Bulan Menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), hal. 8-14. Available at:: http://jurnal.poltekkespalu.ac.id/index.php/pjpm/index.
Hardani, dkk, 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hendriette, F., 2017. Empat Aspek Perkembangan Anak Sebagai Pengamatan Awal Calon Peserta Didik Jenjang TK A. Jurnal Pendidikan Penabur. Available at: https://bpkpenabur.or.id/media/bp2ieuez/halm-30-46-empat-aspek-perkembangan-anak.pdf.
Hermawan, Hary, 2018. Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan. Open Sciene Framework.
Hilbrink, E.E., et al., 2015. Early Developmental Changes In The Timing Of Turn-Taking: A Longitudinal Study Of Mother–Infant Interaction. Frointiers in Psychology, pp. 246-257. . Available at: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01492
Holler, J.,&Kendrick, K.H., 2015. Unaddressed Participants Gaze in Multi-Person Interaction: Optimizing Recipiency. Frointiers in Psychology, pp. 76-89. Available at: doi: 10.3389/fpsyg.2015.00098
Irawan, H., 2018. Pengayaan Pembelajaran Sosiologi: Interaksi Sosial. Surakarta: Aksara Sinergi Media.
Ita, dkk, 2021. Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. [e-book]. Pekalongan: Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=qSwnEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=Menurut+Winda+Gunarti+(2018),+bahasa+adalah+alat+komunikasi+antar+manusia+yang+dapat+berbentuk+lisan,+tulisan+atau+isyarat.&ots=uZgoDmisnG&sig=Z7RKz9tJw44tGR5K1wleAVGBtbY&redir_esc=y#v=onepage&q=Menurut%20Winda%20Gunarti%20(2018)%2C%20bahasa%20adalah%20alat%20komunikasi%20antar%20manusia%20yang%20dapat%20berbentuk%20lisan%2C%20tulisan%20atau%20isyarat.&f=false [diakses 15 Juni 2021]
Juanda & Azis, 2018. Penanda ’Turn-Taking’ Etnis Bugis dan Betawi dalam Percakapan Bahasa Indonesia di Indonesia. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2 (4), hal. 179-191. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/280241-turn-taking-marker-ethnical-bugis-and-be-e7ac2478.pdf.
Kamim, D.N., & Surana S.S., 2021. Prinsip Kerjasama Kualitas Dan Relevansi Dalam Percakapan Di Desa Wringinanom (Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha/article/view/38169.
Kembaren, E.T.M, dkk (2019). Hubungan Antara Interaksi Sosial dengan Kemampuan Pragmatik pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Negeri Pembina Surakarta. Skripsi. Diploma IV Terapi Wicara. Poltekkes Kemenkes, Surakarta. Available at: https://lib.poltekkes-solo.ac.id/.
Khoiriah, A.N., dkk, 2019. Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti dengan yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di TK-IT Insan Permata Malang. Journal of Issues in Midwifery. 3 (2), hal. 39-47. Available at: https://joim.ub.ac.id/index.php/joim/article/view/216/54.
Kurnia, L., 2020. Dampak Interaksi Sosial Anak Usia Dini Akibat Latar Belakang Orangtua Tuna Wicara. Jurnal PIAUD La Tansa Mashiro. Available at: https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAA/article/view/429.
Latifah, U., 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidiciplinary Studies, pp. 185-196. Available at: http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/1052.
Mayar, F., 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, hal. 459-464. Available at: https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/43.
Meitasari, R., 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran dengan Tema Pekerjaan Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sangkanayu Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Available at: http://repository.ump.ac.id/3524/.
Moghaddam, M.M., et al., 2020. Pragmatic Competence as a Regulator of Foreign Language Speaking Proficiency. Porta Linguarum, pp.163-182. Available at:https://www.researchgate.net/publication/339123853_Pragmatic_Competence_as_a_Regulator_of_Foreign_Language_Speaking_Proficiency
Muhadjir, N., 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta : Rake Sarasin.
Notoatmodjo, S., 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nurhabibah, dkk, 2016. Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Di Paud Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), hal. 60-67. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/187229-ID-perkembangan-sosial-emosional-anak-melal.pdf.
Ocktarani, Y.M., 2016. Performa Pragmatik dan Lingkungan Kebahasaan Anak Kembar Batita. Prosiding Konferensi Bahasa & Sastra I. Available at: http://repository.unimus.ac.id/203/1/ProKBS_2016_yesica.pdf.
Pebriana P.H., 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), hal.1-11. Available at: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/26.
Purwanti, E., 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran pada Anak Play Group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah, Surakarta. Available at: http://eprints.ums.ac.id/19226/21/11._JURNAL_PUBLIKASI.pdf
Rahmah, A.N., 2018. Pengaruh Interaksi Sosial di Lingkungan Rumah terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Ayah Bunda Cililitan Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 3 (1), hal. 11-19. Available at: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4453/1415.
Septiani, R.D., 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal Siswa (Penelitian pada 10 Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 8 Kota Magelang). Skripsi. Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah, Magelang. Available at: http://eprintslib.ummgl.ac.id/1321/
Sambak, D., 2018. Gambaran Tingkat Kemampuan Berbahasa dan Interaksi Sosial pada Anak Autis yang Menjalani Terapi Stimulasi Story Telling di Pusat Terapi Pelita Mandiri Makassar. Skripsi. Fakultas Keperawatan. Universitas Hasanuddin, Makassar. Available at: http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YjRmYjI2YWIzYWNjZDgyOTI0NTA2NjBiZjc5NmQxNGQwOTdkY2E3Nw==.pdf.
Santoso, A. B. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Berdasarkan Gender, 39 (1). Available at: http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/883.
Setiadi, E.M. & Kolip, U., 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Shipley, K. G., & McAfee, J. G. 2021. Assessment in speech-language pathology: A resource manual sixth edition. Canada: Plural Publishing, Inc.
Siyoto, S. & Sodik, A., 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishi.
Soekanto, S., 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Wali Pers.
Sofia, A. & Anggraini, G.F. 2018. Interaksi Sosial antara Guru dan Anak dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, hal. 7-18. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, W., 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sumantri, A., 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Kencana
Tabi’in, A., 2017. Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Journal of Social Science Teaching, pp. 39-59. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ijtimaia/article/view/3100.
Viandari, K.D. & Susilawati, K.P.A., 2019. Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6 (1), hal. 76-87. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48628.
Zulfajri, dkk, 2021. Pendidikan Anak Pra Sekolah. [e-book]. Tasikmalaya: Edu Publisher. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=dyEqEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA21&dq="anak+prasekolah+anak+usia+dini"&ots=eYj34aj5QY&sig=p7tNxqTowpMwK-jg48-KHuGU_40&redir_esc=y#v=onepage&q="anak%20prasekolah%20anak%20usia%20dini"&f=false [diakses 30 Mei 2021]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Roy Romey D.M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.