PENGARUH WUDHU TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA MTs AL-HIDAYAH CINANGKA DEPOK
Kata Kunci:
Kata Kunci: Kecemasan, Ujian Nasional, WudhuAbstrak
Kecemasan merupakan respon emosional terhadap perspektif individu yang bersifat subjektif dan tidak diketahui penyebabnya. Kecemasan menghadapi ujian nasional merupakan salah satu masalah psikologis yang sering dialami siswa yaitu takut gagal, mendapat nilai jelek dan tidak bisa mengerjakan ujian nasional. Oleh karena itu, hanya perlu meminimalkan kecemasan. Penatalaksanaan kecemasan dapat dilakukan dengan terapi nonfarmakologis. Salah satu terapi nonfarmakologis yang dilakukan adalah dengan hidroterapi dengan teknik wudhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh wudhu terhadap perubahan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan single group design, pre test dan post test design. Sampel penelitian dalam penelitian ini sebanyak 24 responden dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Visual Analog Scale for Anxiety (VAS-A). Uji statistik menggunakan wilcoxon signed rank test diperoleh p-value = 0,000 (<0,05), menunjukkan adanya pengaruh wudhu terhadap perubahan kecemasan siswa MTs Al-Hidayah Cinangka dalam menghadapi Ujian Nasional. Wudhu mengandung unsur relaksasi untuk mengurangi kecemasan dan dapat memberikan manfaat bagi pengendalian fisik, psikis dan emosional. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan terapi nonfarmakologis untuk mengatasi kecemasan dalam menghadapi ujian nasional.
Unduhan
Referensi
Akrom, Muhammad. (2015). Terapi Wudhu : Sempurna Shalat, Bersihkan Penyakit. Yogyakarta : Mutiara Media
Al-Ghazali, Imam. (1995). Ihya’ Ulumudin, terjemahan Zaid Husein Al-Hamid. Jakarta : Pustaka Amani
Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja. Bandung : CV Pustaka Setia
Andriansyah, Tyas, Eva Kartika W.S. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al-Munawwariyyah Bululawang. Malang : Jurnal Konseling Indonesia, 2(4), 44-49.
Ar-Raisy. (2008). Success With Shalat. Yogyakarta : Pro-U Media
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2017). Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018. Diunduh pada13 Februari 2018 dari http://www.bsnp-indonesia.org
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed). Hillsdale N.J : L. Erlbaum Associates
Davies, T., Craig, T. (2009) .ABC Kesehatan Mental. Jakarta ; EGC
Dharmapatni, Putu W.Y.G dan Supriyadi. (2015) Perbedaan Tingkat Kecemasan Siswa Kelas III SMA di Denpasar Ditinjau dari Efikasi Diri dan Keikutsertaan dalam Bimbingan Belajar Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 266-279
Donaldson, Robin Faulk. (2013). Survey of Collage Entrance Exam Preparation Methods. (Dissertation Liberty University)
Donner, Nina C, Christopher A. Lowry. (2013). Sex Difference in Anxiety and Emotional Behavior. Pflungers Arch, 465(5), 601-626.
Elizabeth, Hurlock. (1998). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Hasanuddin, Oan. (2007). Mukjizat Berwudhu. Jakarta : Quantum Media
Hawari, D. (2008). Manajemen stres, cemas dan depresi. Penerbit FKUI.
Hidayatullah, Syarif. (2014). Dahsyatnya Ibadah-Ibadah Siang Hari. Yogyakarta : Diva Press
Idaiani, S, dkk. (2009).Analasis Gejala Mental Emosional Penduduk Indonesia. Majalah Kedokteran Indonesia, 59(10), 473-479.
Jakobsen, et al. (2012). Efeect of Cognitive Therapy Versus Interpersonal Psychotherapy in Patient With Major Depressive Disorder : A Systematic Review of Randomized Clinical Trials With Meta-Analyses and Trial Sequential Analyses. Psycho Med , 41(7), 1343-1357.
Jin, Yuelong, et, al. (2014). Prevalence and Risk Factors of Anxiety Status Among Student aged 13-26 years. Int J Cin Exp Med, 7(11), 4420-4426.
Kaplan, H.I , Sadock, B.J dan Grebb J.A. (2010). Sinopsis Psikiatri : Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis Jilid 1. Jakarta : Bina Rupa Aksara
Kementerian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta : Departemen Kementerian Kesehatan RI
Kementerian Kesehatan RI. (2015). Infodatin Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Diunduh pada 22 Januari 2018 dari http://www.kemkes.go.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017) .Preskon Hasil Nilai UN SMP 2017. Diunduh pada 22 Januari 2018 dari http://www.unbk.kemendikbud.go.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan. Diunduh pada 13 Februari 2018 dari http://www.psmk.kemendikbud.go.id
Maciejewski, D.F, et al. (2014). The Development of Adolescent Generalized Anxiety and Depressive Sysmptoms in the Context of Adolescent Mood Variability and Parent-Adolescent Negative Interactions. Journal of Abnormal Child Psychology, 42(2), 515-526. Dol : 10.1007/s10802-013-9797-x
Mamuaya, Miracle H, dkk. (2016). Gambaran Tingkat Kecemasan dengan Pengukuran TMAS dan Prestasi Belajar Siswa Perempuan dan Laki-Laki Kelas 1 SMA Negeri 1 Kawangkoan. Jurnal e-Clicic ( eCl ),4(2).
Matheer, Mukhsin. (2015). Kedahsyatan Manfaat Air wudhu Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunah. Jakarta : La Tahzan
Mubasyiroh, Rofigatul, dkk. (2017). Determnan Gejala Mental Emosional Pelajar SMP-SMA di Indonesia Tahun 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2), 103-112.
Perwitaningrum Citra Y, dkk. (2016) Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Penderita Dispepsia. Jurnal Intervensi Psikologi 8 (2), 147-164.
Pratiwi AP.Hubungan antara Kecemasan Akademis dengan Self-regulated Learning pada Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 3 Surakarta. (Skripsi Unversitas Diponegoro )
Puspitasari YP, Abidin Z, Sawitri DR.(2010).Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. (Naskah Publikasi Univeristas Diponegoro)
Putri, Jihan Hidayah, Edi Surya. (2017). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Mata Pelajaran Matematika. (Skripsi Universitas Negeri Medan)
Sangkan, Abu. (2013). Pelatihan Sholat Khusyu, Sholat Sebagai Meditasi Tertinggi dalam Islam. Jakarta : Baitul Hasan
Santrock. (2007). Remaja Edisi 11, Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Sherwood, Lauralee.(2012). Fisiologi Manusia : Dari Sel ke Sistem Ed. 6. Jakarta : EGC
Stuart, G., & Laraia, M. (2001). The Principle and Practise of Psychiatric Nursing. Elsevier Mosby :St. Louis Missouri
Stuart, Gail W. (2013). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart Edisi Bahasa Indonesia alih bahasa Budi Anna Keliat dan Jesika Pasaribu. Singapore : Elsevier
Thoomaszen, F. W & Murtini. (2014). Managemen Stres Untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Humanitas, 11(2), 79-92.
Tim Pokja ADKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia : DPP PPNI
Videbeck,Sheila L. (2008). Psychiatric Mental Health Nursing. USA : Lippincott Williams & Wilkins
Wiryani, Irra, Ice Yulia W. (2016). Ansietas Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMP dan SMA. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19 (1), 1-7.
Wong, Donna L, et al. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Ed 6 Vol 1. Jakarta : EGC
Wulur, Meisil B. (2015). Psikoterapi Islam. Yogyakarta : Deepublish
Yosep, Iyus. (2009). Keperawatan Jiwa. Bandung : Refika Aditama
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jamaludin, Devi Adia, Waras Budi Utomo, Karyadi Karyadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.