HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU AMANAH SUMPIUH
Kata Kunci:
Kata Kunci : Perilaku Caring, Kepuasan Pasien, Rawat InapAbstrak
ABSTRAK
Sulit bagi rumah sakit di Indonesia untuk memberikan perawatan terbaik seiring berkembangnya era digitalisasi dan teknologi. Karena semakin banyak orang yang mengetahui dunia saat ini, mereka akan menginginkan akses ke layanan medis dan perawatan berkualitas tinggi yang disediakan oleh personel yang berkualifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan rawat inap RSU Amanah Sumpiuh dengan perilaku welas asih perawat. Korelasi deskriptif dengan desain cross sectional membentuk metodologi penelitian ini. Sampel yang diambil sebanyak 96 pasien rawat inap dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan adalah kuesioner 20 item tentang perilaku peduli dan Kuesioner Kepuasan Pasien yang dimodifikasi untuk survei kepuasan pasien (PSQ). Temuan mengungkapkan bahwa 66 responden (68,8%) memiliki preferensi jenis kelamin perempuan, dan 25 responden (26,0%) berusia antara 26 dan 35. Mayoritas responden (62,5%) menilai perilaku welas asih perawat sebagai positif. Delapan puluh dua persen responden mengatakan mereka sebagian besar puas dengan layanan yang mereka terima. Dengan p = 0,000 (p kurang dari 0,05) dan koefisien korelasi = 0,366 yang menunjukkan hubungan positif lemah, terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pasien dengan perilaku welas asih staf keperawatan. Akibatnya, ketika memberikan perawatan, perawat diharapkan lebih penyayang dan empatik.
Kata Kunci : Perilaku Caring, Kepuasan Pasien, Rawat Inap
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AGUS RIYADI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.