TINGKAT PENGETAHUAN GURU POS PAUD TENTANG MP ASI ADEKUAT
DOI:
https://doi.org/10.52488/jnh.v8i3,September.247Kata Kunci:
guru, MP-ASI, PAUD, PengetahuanAbstrak
Indonesia sebagai negara ketiga dengan kasus stunting tertinggi di Asia. Kejadian stunting di Indonesia mencapai 30,8%, lebih tinggi dari dunia yaitu 22,2%, 24 juta anak di Indonesia beresiko kekurangan gizi pada masa pandemic covid-19. Faktor pendidikan ibu rendah memiliki pengaruh secara bermakna terhadap kejadian stunting pada anak dan memiliki risiko mengalami stunting sebanyak 1,67 kali.Upaya pencegahan stunting harus dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan berdasarkan hasil, pemberdayaan masyarakat, dan perubahan perilaku. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu optimalisasi guru POS PAUD. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pemahaman guru POS PAUD tentang MP ASI adekuat. Penelitian deskriptif kuantitatif, Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru POS PAUD di Kecamatan Ngaliyan. Jumlah sampel penelitian adalah 35 responden. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner yang terstruktur. Analisis data menggunakan analisa uni variat menggunakan distribusi frekuensi. Tingkat pengetahuan guru POS PAUD baik (77%).
Unduhan
Referensi
Chen, P. W., Chen, L. K., Huang, H. K., & Loh, C. H. (2022). Productive Aging by Environmental Volunteerism: A Systematic Review. Archives of Gerontology and Geriatrics, 98(707), 104563. https://doi.org/10.1016/j.archger.2021.104563
Claxton-Oldfield, S., & Banzen, Y. (2010). Personality characteristics of hospice palliative care volunteers: the “‘big five’” and empathy. The American Journal of Hospice & Palliative Care, 27(6), 407–412. https://doi.org/10.1177/1049909110364017
Gordon, J. R., & Maule, C. J. (2014). What’s at stake. Canadian Pharmaceutical Journal, 122(2), 74–76, 78. https://doi.org/10.2307/j.ctv1bvnfnb.10
Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 43–55. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i1.1589
Jateng, P. (2015). 6 Peran Guru PAUD Dalam Proses Pembelajaran /Pelaksana. https://www.paud.id/peran-guru-paud-dalam-pembelajaran/
Pathalung, P. N., & Thepaksorn, P. (2017). Abilities of Village Health Volunteers in Determining Drug Related Problems for Diabetes and Hypertension Patients. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 6(4), 283. https://doi.org/10.11591/ijphs.v6i4.9436
Rinayati, R., Harsono, H., & Erawati, A. D. (2023). Knowledge, motivation, attitude, job design and health cadre performance: a cross sectional study. International Journal of Public Health Science, 12(1), 385–391. https://doi.org/10.11591/ijphs.v12i1.21930
Ruber Ina Elisabeth, janmaat jan germen. (2020). Does Participation in Adult Education Increase Volunteering? An Analysis of British Longitudinal Data. Adult Education Quarterly, 71(1). https://doi.org///doi.org/10.1177/0741713620927348
Samuel Chatio. (2019). Factors influencing performance of community-based health volunteers’ activities in the Kassena-Nankana Districts of Northern Ghana. PLoS One, 14(2). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0212166
Simanjuntak, M. (2015). Karakteristik Sosial Demografi dan Faktor Pendorong Peningkatan Kinerja Kader Posyandu. Jurnal Penyuluhan, 10(1), 49–58. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v10i1.9914
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, (2014).
Wahyuni, C. U., & Artanti, K. D. (2013). Pelatihan Kader Kesehatan untuk Penemuan Penderita Suspek Tuberkulosis. Kesmas: National Public Health Journal, 8(2), 85. https://doi.org/10.21109/kesmas.v8i2.348
Wahyuningsih, W., & Setiyaningsih, A. (2018). Hubungan Peran Kader Posyandu Dengan Status Gizi Balita. Jurnal Kebidanan, 9(02), 192. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v9i02.321
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 rinayati rinayati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.